Kenali Tokoh Pewayangan – Rahwana (Dasamuka)

Rahwana adalah salah satu tokoh pewayangan dalam cerita Ramayana. Nama lainnya adalah Dasamuka. Ia merupakan putra Resi Wisrawa dengan Dewi Sukesi, putri Prabu Sumali dari negara Alengka.

Rahwana

Dasamuka memiliki tiga orang saudara kandung. Masing-masing bernama Arya Kumbakarna, Dewi Sarpakenaka, dan Arya Wibisana. Ia juga memiliki saudara satu ayah beda ibu, yaitu Wisrawana (Prabu Danaraja) yang merupakan raja negara Lokapala, putra dari Resi Wisrawa dengan Dewi Lokawati.

Watak dan Kesaktian Rahwana

Watak Rahwana secara umum adalah angkara murka, selalu ingin menang sendiri, penganiaya, dan sekaligus pengkhianat. Ia terkenal sakti, berani, dan selalu menurutkan kata hati.

Dari Prabu Danaraja, ia menguasai Aji Rawarontek. Sedangkan dari Resi Subali, ia memiliki Aji Pancasona. Di kemudian hari, Rahwana mewarisi tahta Alengka dari kakeknya, yaitu Prabu Sumali. Status raja ini ia raih setelah menyingkirkan pamannya yang bernama Prahasta.

Dasamuka juga membunuh kakak tirinya sendiri, Prabu Danaraja dan merebut negara Lokapala. Ia pernah pula menyerang Suralaya dan memperoleh Dewi Tari, putri Bathara Indra dengan Dewi Wiyati. Darinya ia berputrakan Indrajid atau Megananda.

batu giok pengasihan

Selain itu, Dasamuka menikah juga dengan Dewi Urangrayung, yang merupakan putri Begawan Minalodra. Darinya ia berputrakan Pratalamayam. Sedangkan dari beberapa orang istrinya yang lain, ia berputrakan Yaksadewa, Trisirah, Trimuka dan Trimurda.

Dasamuka sangat berharap dapat memperistri titisan Bathari Sri Widowati. Ia mengejar-ngejar Dewi Kusalya, yang merupakan ibu Prabu Rama dan kemudian menculik istrinya, Dewi Sinta, selama hampir 12 tahun di taman Hargasoka, Alengka.

Ibu Dasamuka adalah Dewi Sukesi, yang ketika usianya sudah menginjak dewasa, meminta ijin sang ayah, Prabu Sumali, agar mengadakan sayembara untuk mendapatkan suami. Dalam sayembara tersebut dipersyaratkan, bahwa siapapun yang dapat menerangkan intisari ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu berhak meminang Dewi Sukesi.

Salah satu peserta sayembara adalah Resi Wisrawa, yang berkeinginan untuk meminang Dewi Sukesi bagi Prabu Wisrawana, putranya yang berkuasa di negara Lokapala. Namun pada saat Resi Wisrawa mengajarkan ilmu tersebut, Bathara Guru dan Dewi Uma turun tangan untuk mencegah.

Bagi para dewa, penyebaran ilmu Sastrajendra Hayuningrat Pangruwating Diyu merupakan sesuatu yang terlarang di kalangan manusia. Sehingga untuk menggagalkan penyebaran ilmu tersebut, Bathara Guru menyusup ke dalam raga Resi Wisrawa. Sedangkan Dewi Uma merasuk ke dalam tubuh Dewi Sukesi.

Resi Wisrawa pun tergoda akan kecantikan Dewi Sukesi. Nafsu birahinya meluap, sehingga ia lupa akan tujuan awalnya untuk meminang putra Alengka tersebut untuk putranya. Terjadilah hubungan yang tidak diharapkan antara guru dan murid. Dan Prabu Sumali terpaksa menikahkan keduanya untuk menutupi malu.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :