Kenali Tokoh Pewayangan – Abiyasa

Abiyasa adalah salah tahu nama tokoh pewayangan Jawa. Tokoh yang satu ini dikenal pula sebagai Resi Wiyasa. Atau juga Begawan Abiyasa. Ia merupakan putra Resi Palasara yang berasal dari Pertapaan Retawu. Ibunya sendiri adalah Dewi Durgandini, putri Prabu Basuketi, yang merupakan raja Wirata.

Abiyasa

Resi Wiyasa paling dikenal sebagai ayah dari Pandu Dewanata, yang nantinya berputrakan Pandawa Lima, tokoh utama dalam Kisah Mahabharata.

Seperti halnya tokoh pewayangan yang lain, Resi Wiyasa memiliki perwatakan tersendiri. Perwatakannya ini antara lain adalah bersifat pandai, cerdas, arif bijaksana, alim, soleh, berwibawa, dan linuwih. Ia dikenal sebagai ahli bertapa, ahli nujum, ahli pengobatan, juga ahli tata negara dan pemerintahan. Serta menguasai banyak ilmu kesaktian. Sehingga ia mendapatkan anugerah dari Dewata berupa umur panjang.

bulu perindu sukma

Abiyasa Naik Tahta

Setelah meninggalnya Prabu Wicitrawirya, terjadilah kekosongan tahta kerajaan di Astina. Sehingga Resi Wiyasa diboyong oleh Dewi Durgandini ke Astina untuk menjadi raja. Ia kemudian memimpin dengan gelar Prabu Kresnadwipayana.

Setelah itu, janda Prabu Citragada yang bernama Dewi Ambika dan Dewi Ambiki/ Ambalika kemudian dinikahkan dengan Resi Wiyasa. Dari pernikahan tersebut ia berputrakan dua orang, yaitu Drestarasta (dari Dewi Ambika) dan Pandu (dari Dewi Ambiki). Resi Wiyasa juga menikahi Dewi Datri, seorang penyanyi kidung Weda di Pertapaan Srungga. Darinya ia berputrakan Yamawidura.

Abiyasa Kembali Bertapa

Setelah menobatkan salah seorang putranya, yaitu Pandu, sebagai raja kerajaan Astina, maka Abiyasa kembali ke Pertapaan Retawu. Selain dikenal sebagai seorang resi, ia dikenal pula sebagai pujangga besar.

Karyanya antara lain adalah Kisah Kepahlawanan Mahabharata. Kisah ini terdiri dari 100.000 (seratus ribu) seloka. Serta terbagi ke dalam delapan belas buku yang dinamakan Parwa.

Dengan umurnya yang panjang, Abiyasa atau Resi Wiyasa baru meninggal setelah berakhirnya Perang Bharatayudha. Atau tepatnya satu pekan setelah Parikesit dilahirkan. Parikesit sendiri adalah putra Abimanyu dengan Dewi Utari.

Di penghujung cerita, ia moksa dan kembali ke alam nirwana, dengan menunggangi kereta cahaya.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Bacaan Paling Dicari: