Amalan untuk Menghadapi Tetangga Iri dan Jahat

Anda pernah punya tetangga iri dan jahat? Bila ya, maka berikut adalah amalan, sekaligus sikap yang dapat Anda ambil, untuk menghadapi tetangga tersebut.

Dalam hidup bermasyarakat, seringkali kita menjumpai orang yang merasa iri. Bahkan termasuk tetangga kita sendiri. Tidak jarang, ini menjadikan kehidupan sehari-hari kita menjadi tidak nyaman.

Apalagi, jika karena rasa irinya tersebut, si tetangga jadi bersikap kurang baik terhadap kita. Mencampuri urusan kita, atau bahkan menjelek-jelekkan kita di hadapan orang lain. Nah, dengan cara apa sebaiknya kita menghadapi tetangga yang jahat semacam ini?

Cara Menghadapi Tetangga Iri dan Jahat

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meminimalisir, sekaligus menghadapi rasa iri tetangga terhadap kita. Cara-cara tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Kita bisa mencegah, atau mengurangi sifat iri tetangga, dengan tidak memamerkan apa yang kita miliki.
  2. Bila terjadi kesalahpahaman, lebih baik Anda datangilah tetangga tersebut untuk memperbaiki komunikasi, sekaligus bersilaturahmi dan menunjukkan empati Anda.
  3. Tetaplah bersikap optimis dalam menjalani hidup, dan tetaplah menjaga hubungan silaturahmi dengan mereka.
  4. Anda juga perlu bersabar dan berlapang dada. Anggaplah ini sebagai kesempatan kita untuk berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.
  5. Jangan terbawa emosi. Sebab emosi Anda, bisa jadi adalah apa yang mereka inginkan. Mereka ingin menunjukkan bahwa Anda orang jahat, bahwa Anda akan bertindak kasar. Jadi sebaiknya jangan sekali-kali terbawa emosi. Sebab justru itulah yang akan membuat mereka senang.
  6. Paling tidak, temukan motivasi atau latar belakang mereka. Umumnya, orang mencela kita karena mereka stress, punya masalah, atau masa lalu yang negatif. Dengan mengetahui latar belakangnya, Anda akan bisa bersikap lebih realistis. Kita tidak bisa mengubah watak orang ini, tetapi bisa menyikapinya dengan cara yang paling bijak.
  7. Jangan membalas mereka dengan kalimat yang kasar. Karena itu hanya akan menandakan, bahwa pancingan mereka berhasil. Semakin kita dewasa, semakin banyak pula permasalahan yang kita hadapi.

Dulu sewaktu belum berumah tangga, permasalahan kita relatif sedikit. Tapi semenjak memutuskan untuk berkeluarga, masalah kemudian berubah menjadi kompleks. Tiap harinya kita dihadapkan pada orang yang kelakuannya macam-macam.

batu giok pengasihan

Ada yang suka bergosip, ada yang suka mengarang cerita ekstrim, ada yang suka mempengaruhi tetangga lain untuk membenci kita, dan lain sebagainya. Menghadapi situasi semacam ini, yang penting Anda tetap tenang, dan bila perlu bacakanlah amalan atau doa khusus untuk menghadapi tetangga iri dan jahat, seperti di bawah ini.

Doa untuk Tetangga Iri dan Jahat

“Allaahumma innii a’udzubika min jaari suu’I fii daaril muqaamati, fainna jaaral baadiyati yatahawwalu.”

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jahat di tempat tinggal tetapku, karena tetangga orang Badui (desa) itu berpindah-pindah.

“Allaahumma innii a’udzubika min yaumis suu’I, wa min lailatis suu’I, wa min saa’atis suu’I, wa min shaahibatis suu’I, wa min jaaris suu’I fii daaril muqaamati.”

Artinya:

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hari yang buruk, juga malam yang buruk, waktu yang buruk, teman yang jahat, serta tetangga yang jahat pada tempat tinggal tetapku.

Semoga berkah dan bermanfaat untuk Anda.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :