Meninggal Hari Selasa atau Sabtu, Benarkah akan Membawa Teman?

Banyak orang percaya, bahwa meninggal hari Selasa atau Sabtu, itu kurang baik. Karena dianggap bakal ‘membawa’ orang lain untuk turut meninggal bersamanya.

Namanya maut, itu di tangan Tuhan. Semestinya tidak bisa kita memperkirakan kapan seseorang akan mati, karena hal semacam itu sama-sekali bukan ranah kita sebagai menusia. Namun kenyataannya memang ada anggapan yang cukup luas, bahwa bila ada yang meninggal pada hari Selasa atau Sabtu, maka dalam waktu dekat akan ada orang lain di daerah tersebut yang turut meninggal juga.

Keyakinan, maupun anggapan supranatural dalam masyarakat, merupakan sesuatu yang lumrah ada dalam setiap budaya. Umumnya hal ini diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Demikian halnya dengan masyarakat Jawa, yang tentunya memiliki berbagai pendapat serta keyakinan. Salah satunya, adalah seputar hari meninggalnya seseorang.

Mitos Meninggal Hari Selasa atau Sabtu

Dikatakan, bahwa di suatu kampung ada seseorang meninggal di hari Selasa atau hari Sabtu, maka ia akan ‘membawa’ teman. Artinya, akan ada orang lain di kampung tersebut, yang bakal meninggal dalam waktu dekat.

puter giling

Contoh, misalkanlah ini hari Sabtu. Ada seseorang yang meninggal dunia. Maka dalam seminggu ke depannya, alias di hari yang sama, akan ada lagi seseorang yang meninggal. Hal ini kadang terjadi secara terus-menerus, berturut-turut tiap minggu hingga lima atau enam orang, di kampung yang sama.

Pada dasarnya, semua yang bernyawa, suatu saat pasti mati. Kapan matinya, itulah yang kita tidak mungkin mengetahui. Benar tidaknya kepercayaan soal mitos meninggal Selasa dan Sabtu ini, sesungguhnya kematian adalah hutang yang masing-masing dari kita harus bersedia melunasi.

Jadi kalaupun ada di kampung Anda, yang meninggal di hari Selasa dan Sabtu, jangan lantas menganggapnya sebagai suatu pertanda buruk. Sebab mati itu tidak akan terjadi tanpa sekehendak Tuhan.

Tidak perlu merasa was-was, atau malah mengait-kaitkannya dengan hal mistis, karena sesungguhnya hal semacam itu hanya akan melukai pihak keluarga yang baru saja ditinggalkan. Cukup ungkapkan bela sungkawa Anda, dan doakanlah yang terbaik untuk semua pihak yang terbaik.

Agar yang berpulang diterima di sisi Tuhan, dan yang ditinggalkan diberikan ketabahan.


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :

Bacaan Paling Dicari: