Kembang dan Kemenyan dalam Ajaran Kejawen

Kembang dan kemenyan, merupakan dua ubarampe yang sering digunakan orang Jawa, ketika melakukan ziarah kubur di makam keluarga atau saudaranya yang telah meninggal.

Mengenal Kembang sebagai Ubarampe Kejawen

Terdapat beberapa jenis kembang yang dijadikan sebagai ubarampe dan sesaji. Berbagai jenis kembang tersebut, antara lain adalah kembang setaman, kembang telon, kembang boreh (kembah putihan), dan kembang tujuh rupa.

Kembang Setaman

Kembang setaman yang sering dimanfaatkan dalam berbagai acara ritus dan kegiatan spiritual tersebut terdiri dari:

Kembang mawar, Mawi-Arsa

Kembang mawar memiliki makna mawi arsa, artinya berkehendak untuk menghayati nilai-nilai luhur. Kembang mawar pula memiliki makna awar-awar atau ben tawar, artinya buatlah hati menjadi tawar atau tulus. Dengan demikian, kehendak atau menjalani segala sesuatu harus tanpa pamrih.

Terdapat dua macam kembang mawar, yakni mawar merah dan mawar putih. Mawar merah melambangkan proses terjadinya atau lahirnya manusia di dunia. Mawar merah pula melambangkan rahim ibu, dimana jiwa dan raga manusia diukir di dalamnya selama 9 bulan 10 hari. Mawar putih melambangkan ayah yang mencurahkan benih ke rahim ibu. Sehingga ketika benih ayah dan benih ibu tercampur, terjadilah manusia.

Kembang mlathi

Kembang mlathi memiliki makna keploke lathi lan ati. Dengan demikian, kembang mlathi melambangkan tentang apa yang diucapkan manusia harus selaras dengan suara hatinya. Lahir dan batin harus selalu sama (tidak munafik). Karenanya dalam melakukan tindakan apapun harus melibatkan hati, jangan hanya fisik semata.

Kembang kanthil

Kembang kanthil bermakna kanthi laku tansah kumanthil, artinya dengan melakukan usaha segala sesuatu akan dapat dicapai. Kembang kanthil melambangkan tali rasa yang bermakna kasih sayang tiada putus kepada seluruh makhluk, kedua orang tuanya, dan para leluhurnya.

batu kecubung

Kembang kenanga

Kembang kenanga memiliki makna kenenga (capailah) ajaran-ajaran para leluhur yang telah hidup di masa silam. Dengan demikian, kembang kenanga memberikan ajaran agar generasi sekarang senantiasa meneladani tindakan-tindakan luhur yang pernah dilakukan oleh nenek moyangnya.

Selain itu, bunga kenanga mengandung ajaran filosofis agar generasi sekarang mengenang warisan leluhur baik berupa benda-benda seni, tradisi, kesenian, kebudayaan, filsafat, maupun ilmu spiritual yang mengandung nilai-nilai kearifan.

Kembang telon

Kembang telon terdiri dari tiga macam bunga, yaitu mawar putih, mawar merah dan kanthil. Atau mawar, melati, dan kenanga. Atau mawar, melati, dan kanthil. Kembang telon melambangkan harapan manusia agar meraih tiga kesempurnaan dan kehidupan, yakni kaya harta benda, kaya ilmu dan kaya kekuasaan.

Kembang boreh, putihan

Kembang boreh atau kembang putihan terdiri dari tiga macam yang berwarna putih, yakni kantil, melati dan mawar putih. Lalu ditambah boreh dlingo dan bengle. Kembang boreh memiliki makna filosofis agar segala sesuatu selalu dalam tindak tanduk dan perilaku yang suci.

Kembang tujuh rupa

Kembang tujuh rupa yakni kembang setaman dan ditambah dengan kembang yang lain hingga berjumlah tujuh macam. Kembang tujuh rupa melambangkan agar kehidupan manusia senantiasa mendapatkan pitulungan (pertolongan) dari Tuhan.

Mengenal Kemenyan sebagai Ubarampe Kejawen

Kemenyan yang dibakar hingga mengepulkan asap harum dalam tradisi masyarakat Jawa sering dimaknai sebagai ‘talining iman, urubing cahya kumara, kukuse ngambah Swarga, ingkang nampi Dzat ingkang Maha Kuwaos’, artinya bahwa selamatan yang dilaksanakan diharapkan dapat meningkatkan keimanan manusia pada Tuhan.

Selain itu, tujuan selamatan digambarkan seperti urubing cahya kumara (serupa api yang berkobar-kobar) melambangkan harapan manusia agar tujuannya segera tercapai, sedangkan asap kemenyan dimaknai akan membawa doa-doa manusia ke langit hingga dikabulkan oleh Tuhan.

Diambil dari: Sejarah Agama Jawa (Araska, 2019), Sri Wintala Achmad


Konsultasi Seputar Hal Spiritual, Pelarisan dan Pengasihan, Dengan Ibu Dewi Sundari langsung dibawah ini :

Atau Hubungi Admin Mas Wahyu dibawah ini :