Pusaka Pewayangan – Kenali 12 Senjata Wayang Terkuat

Pusaka pewayangan adalah senjata wayang yang identik digunakan tokoh-tokoh tertentu. Sedangkan istilah pusaka sendiri merujuk pada suatu benda yang dianggap keramat, sakti, atau berkekuatan tinggi.


Macam-Macam Pusaka Pewayangan

Dalam kisah pewayangan, ada beberapa tokoh yang dikenal tak terkalahkan. Terlebih apabila tokoh tersebut memiliki senjata yang terbilang paling sakti. Apa saja senjata-senjata ampuh tersebut? Berikut adalah 12 diantaranya yang paling tersohor:

  1. Kuku Pancanaka

Pancanaka adalah kuku jempol tangan Bima yang berwarna hitam, melengkung panjang ke bawah dan terkenal sangat tajam. Ketajamannya konon sampai tujuh kali lipat ketajaman pisau cukur.

Dikisahkan bahwa Bima menggunakan Kuku Pancanaka untuk menebangi pohon-pohon besar dalam perang Baratayudha. Ia juga menggunakan senjata ini untuk memotong leher Dursasana. Awalnya, untuk mendapatkan kuku berkekuatan sakti ini, Bima bersemedi di gua Gunung Mahameru selama berbulan-bulan. Dewa yang memiliki kuku ini tadinya hampir menolak, tetapi kemudian Bathara Guru menghadiahkan sepasang Kuku Pancanaka buatannya agar Bima tak sampai mengamuk.

  1. Panah Pasopati

Paso bermakna tepat, sedangkan Pati bermakna mati. Panah Pasopati apabila mengenai musuh, pasti akan menemui ajal. Baik itu raksasa, ksatria ataupun saudara sendiri.

Panah ini diberikan Bathara Guru kepada Arjuna setelah melakukan pertapaan. Arjuna sendiri dikisahkan memakai panah ini untuk membunuh Niwatacaraka yang hendak mempersunting Dewi Supraba. Ia juga menggunakannya untuk membunuh Jayadarta dan Adipati Karna.

  1. Busur Gandiwa

Busur Gandiwa diterima Arjuna dari Waruna, atas rekomendasi Agni. Selain busur ini, Arjuna juga menerima dua kantong panah yang isinya tak pernah habis, sebuah kereta berbendera Hanoman dan tunggangan berupa empat kuda putih yang lahir di Gandharwa.

Dikisahkan, Busur Gandiwa memiliki bobot yang berat dengan panjang talamatra. Terjemahan talamatra ini bisa jadi sepanjang pohon palem, sepanjang lengan, atau antara empat sampai lima hasta.

Arjuna konon bersumpah untuk memotong kepala siapapun yang meminta busur tersebut darinya.

  1. Konta Wijaya

Pusaka Konta Wijaya dimiliki oleh Adipati Karna, sebagai pemberian dari Dewa Indra. Senjata ini dianggap sangat ampuh, namun hanya dapat digunakan satu kali. Awalnya Konta Wijaya hendak digunakan untuk membunuh Arjuna, namun justru terpakai untuk membunuh Gatotkaca.

  1. Jamus Kalimasada

Jamus Kalimasada (atau serat jamus kalimasada) adalah pusaka yang dimiliki Prabu Puntadewa (atau Yudhistira). Wujudnya berupa kitab yang sangat dikeramatkan dalam Kerajaan Amarta. Banyak kisah pedhalangan menuturkan bahwa musuh Pandawa sering berupaya mencuri kitab ini, namun selalu dapat direbut kembali.

  1. Cakra Baskara

Cakra Baskara merupakan senjata andalan Bathara Wisnu. Titisannya turut memiliki pusaka ini, termasuk Prabu Kresna yang berkuasa di Dwarawati. Tidak satupun makhluk dapat mengelak atau menangkal serangan Cakra Baskara, kecuali bila tokoh tersebut memihak kebajikan.

Pusaka Cakra Baskara sering digambarkan berupa cakram dengan tepi yang bergerigi.

  1. Panah Nagapasa

Panah ini akan mengeluarkan ribuan naga bila dilepaskan dari busurnya. Naga-naga tersebut siap mencabik musuh yang dihadapi pemilik pusaka ini, yaitu Indrajit atau putra Rahwana.

  1. Gada Rujak Polo

Bima menggunakan Gada Rujak Polo untuk membunuh Duryudana. Dalam pertempuran yang berlangsung sengit tersebut, Bima ingat bahwa ia telah bersumpah akan mematahkan paha Duryudana. Maka diayunkannya lah gada tersebut hingga Duryudana jatuh ke tanah dan mati.

  1. Brahmastra

Senjata dari Dewa Brahma ini terkenal kejam dan berbahaya. Karena memiliki kekuatan untuk menghancurkan bumi. Wujudnya berupa anak panah yang tidak akan pernah meleset dari sasaran. Pusaka Brahmastra didapat dengan cara bermeditasi kepada Dewa Brahma, dan hanya dapat digunakan sekali saja sambil membaca mantra.

  1. Brahmastranada

Tidak ada satupun senjata yang mampu mengalahkan Pusaka Brahmastranada. Senjata ini merupakan milik Dewa Brahma yang paling mematikan. Terwujud dari gabungan tujuh tenaga spiritual dewa-dewa tersakti dalam keyakinan Hindu.

  1. Kasutpada Kacarma

Berupa sepatu yang terbuat dari kulit naga Sang Hyang Anantakusuma, atau dewa penjaga bumi yang berwujud ular naga. Kulit naga ini memiliki kekuatan gaib yang menjadikan pemakai Kasutpada tidak mempan sihir ataupun ilmu hitam. Dengan memakai sepatu ini, Gatotkaca pernah melintas di atas daerah angker dan berbahaya tanpa masalah.

  1. Nenggala

Nenggala dimiliki oleh Baladewa, ksatria tangguh pewaris kekuatan dewa angkasa. Pusaka ini dikisahkan mampu melelehkan gunung, membelah lautan dan mengakhiri matahari dengan sekali tebas.

Tak banyak orang pernah melihat wujud pusaka Nenggala. Karena sifatnya yang berbahaya, Baladewa dihalang ketika terlihat keluar sambil menenteng pusakanya tersebut. Ia diharapkan untuk tetap menyimpan Nenggala di padepokannya sampai Perang Baratayudha tiba.

puter giling

Bacaan Paling Dicari: