Pulung Gantung, Misteri Bunuh Diri Gunung Kidul

Pulung Gantung dianggap sebagai suatu wujud kekuatan gaib. Kekuatan gaib inilah yang mempengaruhi orang untuk bunuh diri. Mereka yang terkena pulung konon tidak berdaya. Seakan ditakdirkan untuk mati dengan menggantung leher secara sukarela.


Atau setidaknya demikianlah, yang diyakini oleh masyarakat setempat Gunung Kidul. Disana, tingkat kecenderungan gantung diri memang tinggi.

Penampakan Pulung Gantung

Kemiskinan dan kebodohan adalah dua hal yang menurut para ahli mendorong orang untuk bunuh diri. Kesimpulan ini ditarik berdasarkan kondisi Gunung Kidul yang memang cukup tandus. Lokasinya berkapur, sehingga mendapatkan air pun jelas tidak mudah. Apalagi mengembangkan kehidupan.

Tetapi itu dulu. Kini sudah ada akses air bawah tanah lewat pipa-pipa yang dibangun pemerintah. Jalan-jalan pun sudah dipermulus untuk menghubungkan Gunung Kidul dengan daerah lain. Namun kecenderungan bunuh diri masih belum berkurang.

Daerah Gunung Kidul sudah sejak lama lekat dengan aroma mistis. Apalagi bila malam telah menjelang, gundukan gamping yang bertengger di tengah hutan nampak memiliki kekuatan. Jadi bila di siang hari alamnya terlihat indah menakjubkan, begitu matahari tenggelam justru seramlah yang dirasakan.

Salah satu nuansa seram ini adalah misteri seputar Pulung Gantung.

Warga setempat sudah tak lagi heran mendengar kabar kematian akibat gantung diri. Diyakini, bahwa sebelum bunuh diri itu terjadi, pada malam sebelumnya rumah si korban akan nampak kejatuhan pulung gantung. Wujudnya  menyerupai bola api. Lebih lanjut, masyarakat percaya bahwa bola api ini membawa tali yang nantinya dipakai si korban untuk menggantung leher sendiri.

Bilamana tanah di bawah titik penggantungan ini digali, akan ditemukan tiga buah tanah berbentuk bola. Entah apa maksudnya.

Malangnya, mereka yang tewas gantung diri hanya dikubur seperti anjing mati. Tanpa dimandikan, tanpa disholatkan, tanpa dikafani dan tanpa didoakan. Alasannya, bila jenazah dimandikan, maka energi negatif yang terlanjur bersemayam dalam jenazah akan menular atau berpindah pada orang lain.

Mau dicegah dengan cara apapun, ditunggui berapa orang pun, bila memang sudah terkena pulung, tewaslah ia di tali gantung.

Misteri Gunung Kidul, Tempat Pelarian Majapahit

Konon katanya, Gunung Kidul merupakan lokasi pelarian bagi para punggawa dan prajurit Majapahit. Ketika pergolakan dengan Demak semakin memuncak, Gunung Kidul dianggap sebagai tempat yang cukup terpencil untuk bersembunyi.

Bisa jadi, ketika itu gantung diri dianggap sebagai jalan cepat mengakhiri hidup. Terlebih melihat kenyataan bahwa kerajaannya telah beralih ke tangan musuh. Maka terkuaklah bahwa dulu pernah terjadi bunuh diri masal di daerah ini. Memang tidak semua pelarian Majapahit ikut melakukan gantung masal, tetapi bisa jadi kisah inilah yang terus menurun dan diwariskan secara tidak sadar.

Karena bukankah jiwa orang yang bunuh diri itu katanya tidak diterima? Dan akan terus bergentayangan di alam manusia?

jimat keris semar

Bacaan Paling Dicari: