Mungkinkah Pulau Jawa Terbelah Dua?

Tentang kemungkinan Pulau Jawa terbelah dua, sebenarnya bukan bahasan baru. Mitos terbelahnya Pulau Jawa sudah lama terdengar. Terutama di daerah yang berbatasan dengan Gunung Slamet.

Karena konon katanya, manakala Gunung Slamet benar meletus, Pulau Jawa akan terbelah jadi dua.


Gunung Slamet Meletus, Pulau Jawa Terbelah?

gunung slamet meletus pulau jawa terbelahTerletak di Jawa Tengah, Gunung Slamet merupakan gunung berapi yang masih aktif. Ia memang tidak selalu tenang, tetapi belum pernah meletus besar-besaran. Secara turun temurun orang tua di kawasan tersebut menuturkan, bahwa jika suatu ketika Gunung Slamet meletus besar-besaran, Pulau Jawa akan terbelah dua.

Memang, posisi Gunung Slamet lumayan miris. Berada persis di tengah-tengah bagian sempit Pulau Jawa. Dekat dari Laut Utara, juga dekat dari Laut Selatan. Karena itu masyarakat secara tradisional meyakini bahwa meletusnya Gunung Slamet akan membentuk parit atau selat yang cukup besar. Selat inilah yang kemudian menghubungkan Laut Selatan dengan Laut Utara Jawa.

pulau jawa terbelah duaBisa jadi, itulah salah satu alasan mengapa gunung ini dinamai Slamet. Artinya ‘selamat dan menyelamatkan’. Karena ‘selamat’ itulah doa dan pengharapan masyarakat sekitar terhadap gunung ini. Agar selalu membawa keselamatan.

Nama Slamet merupakan nama baru yang diambil dari Bahasa Arab. Sebelum masuknya Islam ke tanah Jawa, konon gunung tersebut dinamai Gunung Agung. Kesimpulan ini ditarik berdasarkan pemaparan lokasi dalam naskah berbahasa Sunda tentang petualangan Bujangga Manik.

Terbelahnya Pulau Jawa dan Ramalan Jayabaya

Mitos terbelahnya Pulau Jawa juga berangkat dari isi Ramalan Jayabaya. Tepatnya pada bait ke-164 yang memuat kalimat:

“…nugel Tanah Jawa kaping pindho…”

Artinya adalah ‘mematahkan Tanah Jawa kedua kali’.

Memang, ada kepercayaan bahwa Pulau Jawa sudah pernah terbelah sebelumnya. Yaitu ketika pulau padat penduduk ini masih bergabung satu daratan dengan Pulau Sumatra. Gunung yang letusannya konon mampu membelah Jawa dan Sumatra ini adalah Gunung Krakatau.

Tetapi itu letusan yang dulu sekali. Bukan letusan besar di tahun 1883 yang kekuatannya disinyalir 30.000 kali lipat kekuatan bom atom Hiroshima-Nagasaki.

ayat seribu dinar

Bacaan Paling Dicari: