Mitos Mistis Pohon Kamboja, Tanaman Pemanggil Makhluk Halus

Pohon kamboja banyak dijumpai di pemakaman. Sehingga wajar bila tanaman yang satu ini selalu diasosiasikan dengan kuburan. Tetapi benarkah, bahwasannya kamboja merupakan pohon yang dapat memanggil kedatangan setan?


Mistis Pohon Kamboja

Kamboja adalah tanaman hias yang berasal dari Amerika Tengah. Awalnya lazim ditanam sebagai pemanis saja, misalnya dengan ditempatkan di pekarangan atau dijadikan bonsai. Diperkirakan, kamboja baru populer di Nusantara sejak jaman kolonial.

Salah satu daerah yang banyak mempergunakan bunga kamboja adalah Bali. Disana, kamboja lumrah ditanam di berbagai titik. Disematkan di belakang telinga, dijadikan keperluan atau ubarampe adat juga. Bunga-bunga tersebut kerap nampak tergeletak di pura atau tempat pemujaan, dengan beralaskan daun pisang.

Lain halnya dengan masyarakat Jawa. Tidak banyak yang mempergunakan bunga kamboja dalam ritual adat. Kamboja lebih lumrah ditanam di makam. Bahkan orang cenderung enggan menanam kamboja di pekarangan. Kesannya seram, dan konon dapat mengundang makhluk halus untuk berdatangan.

Asal Muasal Pohon Kamboja

Kamboja (atau disebut juga plumeria) ditemukan oleh seorang ilmuwan Perancis. Meski dalam Bahasa Indonesia disebut Kamboja, tanaman ini tidak ada sangkut pautnya dengan negara bernama serupa di Asia Tenggara.

Bunga kamboja memiliki mahkota berwarna putih, dengan bagian tengah berwarna kuning. Selain jenis ini, ada juga kamboja yang mahkota bunganya berwarna merah keunguan. Tinggi pohon kamboja bisa mencapai enam meter, dengan daun hijau tua yang tebal dan lonjong. Tanaman yang berbunga di hampir sepanjang tahun ini biasanya dibiakkan dengan cara stek batang.

Mitos Pohon Kamboja

Ada cerita masyarakat yang mengisahkan bahwa pohon kamboja merupakan jelmaan seorang gadis. Usai ditinggal mati kekasihnya, gadis ini menangis dan menunggu di dekat pusara. Sampai suatu ketika ajal pun menjemput, dan di tempat ia menunggu tumbuhlah sebuah pohon.

Tiap hari pohon ini menggugurkan bunganya di atas pusara yang ditinggalkan. Sehingga lambat laun kamboja dikenal sebagai bunga kesetiaan. Selain itu, bila ada orang yang menemukan kamboja dengan mahkota berjumlah empat atau enam, konon ia akan mendapat rezeki dan keberuntungan.

jimat keris semar

Bacaan Paling Dicari: