Mitos Burung Perkutut – Kenali 5 Jenis Perkutut Bertuah

Mitos burung perkutut telah lama ada dan dipercaya. Terutama bagi masyarakat Jawa, yang sejak dulu menganggap bahwa seorang pria belum sempurna kemapanannya, bila belum ada perkutut yang ia pelihara.


Mitos Burung Perkutut Mendatangkan Keberuntungan

Awalnya perkutut hanya diminati karena alasan kepuasan atau kenikmatan pribadi. Alunan suaranya dianggap merdu dan menenangkan. Seperti memberikan suasana tenang, teduh dan bahagia bagi pemiliknya.

Tetapi kemudian perkutut perlahan populer sebagai peliharaan berkekuatan mistis. Konon, daya magisnya ini mampu mempengaruhi kehidupan sang pemilik. Sehingga selalu beruntung dan dijauhkan dari kesialan.

Tentu saja tidak semua perkutut dianggap seperti itu. Menurut kepercayaan, ada lima jenis perkutut bertuah yang banyak dicari. Kelimanya adalah:

  1. Perkutut Sangga Ratu

Ada cerita rakyat yang menuturkan, bahwa burung perkutut jenis sangga ratu merupakan keturunan jelmaan putra raja Bali. Ia melarikan diri ke Banyuwangi karena menghindari kejaran musuh. Dalam pelariannya inilah, ia terbunuh dan menjelma sebagai burung.

Ciri utama perkutut sangga ratu ada pada bagian kepalanya yang berjambul. Dengan paru dan kaki berwarna gelap. Anehnya, perkutut bertuah jenis ini sering tinggal di daerah sepi. Misalnya seperti goa, kuburan, atau rumah dan bangunan angker.

  1. Perkutut Lurah

Merupakan jenis perkutut yang mendatangkan kewibawaan bagi pemiliknya. Ibarat juragan yang dihormati, kalau orang bilang. Di habitat aslinya, perkutut lurah tidak mencari makan sendiri. Tetapi disuapi oleh burung lain, seakan-akan ialah juragannya.

Perkutut lurah memiliki dada berwarna putih, dengan bagian atas yang bermotif loreng layaknya kulit ular.

  1. Perkutut Daringan

Konon keberadaannya bisa mendatangkan rezeki bagi suami istri. Ciri fisiknya antara lain berupa garis-garis yang melingkar penuh pada bagian leher. Garis-garis ini melambangkan rezeki yang tidak akan putus hingga tujuh keturunan.

  1. Perkutut Putih

Di jaman Majapahit, perkutut putih hanya dipelihara oleh para pembesar dan pejabat saja. Karena itu bisa dibilang bahwa perkutut jenis ini sudah tersohor sejak dahulu kala. Keberadaannya memang langka, sehingga harga perkutut putih pun jauh dari kata murah.

Mitosnya, barang siapa yang memelihara perkutut putih akan hidup kaya raya hingga burung perkutut tersebut meninggal dunia.

  1. Perkutut Hitam

Terakhir adalah burung perkutut hitam. Jenis perkutut ini kerap dianggap sebagai rajanya perkutut. Bulu-bulunya berwarna hitam di sekujur tubuh. Konon, bila dipelihara maka ia akan mendatangkan keberuntungan yang tidak terkira.

batu kecubung

Bacaan Paling Dicari: