Mengenal Pamor Keris Udan Mas

Keris Udan Mas merupakan pusaka yang dianggap memiliki daya magis untuk mendatangkan rezeki. Karena itulah keris dengan pamor udan mas banyak diburu.


Kebanyakan, mereka yang tertarik memiliki Keris Udan Mas adalah para pebisnis dan pejabat.

Apa Itu Keris Udan Mas?

Kata ‘udan’ artinya hujan, sedangkan ‘mas’ artinya emas. Sehingga makna istilah udan mas adalah hujan emas. Disebut Keris Udan Mas adalah jenis keris yang pada bilahannya tergurat pamor udan mas.

Wujud pamor atau motif ini mirip tetesan air hujan yang jatuh ke genangan air. Pamor atau motif udan mas muncul karena proses pelipatan dan penempaan yang berulang-ulang.

Daya Magis Keris Udan Mas Untuk Mendatangkan Rezeki

Sejatinya, pamor udan mas merupakan pamor rekan (rekaan/ sengaja dibuat). Motif ini dibuat lewat teknik mlumah, dengan dasar pamor beras utah. Terkadang dalam proses pembuatan keris muncul motif bulat-bulatan mirip tetesing warih (air menetes), yang kemudian disebut pamor udan mas tiban.

Kapan pastinya Keris Udan Mas mulai diburu memang tidak ada yang tahu. Tetapi besar kemungkinan kepopuleran jenis pusaka ini sudah dimulai sejak jaman Pajajaran.

Ciri-Ciri Keris Udan Mas

Pamor udan mas memiliki ciri khusus berupa motif tetesan air hujan yang jatuh ke genangan air. Sepintas lalu mirip bulatan obat nyamuk, bagi mata yang masih awam. Pola ini bergerombol lima-lima, dengan sedikit jeda atau ruang sela yang menampilkan desain menarik.

Pamor udan mas lebih mudah dibuat pada bilah keris lurus, bukan keris berluk. Tangguh yang dianggap paling baik adalah tangguh Pajajaran dan Tuban. Sebab kedua tangguh ini umumnya berbilah tipis.

Berdasarkan teknik pembuatannya, Keris Udan Mas bisa dibagi menjadi dua. Bila Anda mendapati keris yang pamor udan masnya halus, besar kemungkinan motif tersebut dibuat ketika bilah keris sudah dalam keadaan dingin.

Manakala dibuat dalam keadaan bilah keris sudah dingin, formasi bulatan hujan emas yang dibuat akan nampak lebih rapat dan teratur.

Sebaliknya, bila pamor di-drip dalam keadaan bilah masih panas, hasilnya cenderung kurang sempurna. Tetapi ada juga orang yang lebih meminati ketidakhalusan pamor ini, karena dianggap lebih ekspresif. Lebih indah secara estetika.

ayat seribu dinar

Bacaan Paling Dicari: