Manfaat Kayu Gaharu, Dari Bisnis Hingga Mistis

Kayu Gaharu terkenal karena bertuah dan berbau wangi. Tanaman yang termasuk dalam marga Aquilaria ini memiliki warna kehitaman dan mengandung resin yang khas.


Mengenal Kayu Gaharu, Si Kayu Setan

Dunia industri estetika cukup akrab dengan keberadaan kayu gaharu. Karena memang jenis kayu ini banyak dipakai dalam produksi wewangian. Aroma harumnya inilah yang menjadikan gaharu sebagai komoditi perdagangan hingga ke India, Persia, Jazirah Arab dan Afrika Timur.

manfaat-kayu-gaharu-secara-mistisDi Indonesia sendiri Kayu Gaharu cenderung sulit dicari. Saking langkanya, di Kalimantan kayu ini disebut sebagai kayu gaib atau kayu setan. Sebab mereka yang ingin menemukan pohon gaharu harus rela merambah dan bermalam di tengah hutan belantara.

Selain dijadikan bahan pembuatan parfum, gaharu digunakan juga untuk membuat dupa. Tetapi karena sulit dicari, konon perdagangan gaharu di luar negeri terpaksa dibatasi.

Kayu Gaharu bisa dikenali dengan mudah lewat aromanya yang khas. Semakin wangi maka semakin tinggi kualitas dan harganya. Aroma wangi ini pula yang dipercaya dapat membantu meningkatkan konsentrasi, misalnya dalam kegiatan berdoa atau bermeditasi.

Cara Mendapatkan Kayu Gaharu

Untuk mendapatkan Kayu Gaharu dibutuhkan kemampuan dan keberuntungan. Memang bisa saja tanaman ini dibudidayakan, tetapi banyak orang tetap rela mencari karena yang mereka butuhkan bukan sekedar batangnya. Melainkan bagian tengah alias hati kayunya yang sudah menghitam dan berserat.

Masalahnya, tidak semua pohon gaharu memiliki bagian hati yang diinginkan tersebut.

Biasanya, para penebang kayu tinggal sampai dua atau tiga bulan di dalam hutan. Jadi bukan cuma keterampilan, tetapi kesabaran tinggi juga dibutuhkan dalam hal ini. Itulah mengapa gaharu yang berkualitas paling tinggi sangat sulit untuk dipanen.

Manfaat Kayu Gaharu Secara Mistis

Jika dilihat dari kacamata metafisika, nilai Kayu Gaharu jelas lebih tinggi dibandingkan sekedar bahan pembuatan parfum atau dupa. Apalagi bila pohon gaharu tersebut sudah berusia ratusan tahun, tuah alaminya berkhasiat sebagai sarana ikhtiar spiritual. Serta bersifat keramat dan dilindungi para makhluk astral.

Dari sinilah muncul istilah kayu gaib, sebab sebagian orang mempercayai bahwa pohon gaharu yang tua di dalam hutan cenderung dikaburkan keberadaannya oleh para makhluk halus.

Sebagai kayu bertuah, masyarakat juga mempercayai bahwa Kayu Gaharu memiliki khasiat atau manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan kekhusyukan serta keberkahan zikir dan doa, maka kayu ini dijadikan tasbih. Besar kemungkinan kekhusyukan tersebut dipengaruhi oleh wangi gaharu yang menghanyutkan.
  2. Membantu memunculkan ketenangan batin
  3. Meringankan gejala stress, insomnia dan tekanan darah tinggi
  4. Menghilangkan serta membentengi diri dari pengaruh gaib
  5. Membangkitkan keberanian serta kepercayaan diri
  6. Menjauhkan gangguan makhluk halus
  7. Meningkatkan konsentrasi dan ketenangan pikiran
  8. Meningkatkan wibawa dan memaksimalkan pancaran aura
  9. Serta sebagai sarana tolak bala
jimat keris semar

Bacaan Paling Dicari: