Kisah Roro Mendut, Tragedi Cinta Tanah Jawa

Roro Mendut bukanlah nama asing. Terutama bila Anda cukup akrab dengan cerita rakyat klasik tanah Jawa. Kisah Roro Mendut dikenal karena dua hal. Pertama karena kecantikan alaminya, dan kedua karena tragedi cintanya.


Siapa Roro Mendut?

Roro Mendut atau Rara Mendut adalah nama perempuan cantik yang hidup di jaman Sultan Agung. Tepatnya di pesisir pantai Kadipaten Pati, atau yang sekarang dikenal sebagai Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Karena parasnya yang mempesona, si gadis menjadi rebutan. Salah satu tokoh yang menggandrungi kecantikannya adalah Adipati Pragola. Sedangkan tokoh lain yang tercatat ikut memburu cintanya adalah Tumenggung Wiraguna.

Kisah Roro Mendut

Tumenggung Wiraguna yang berniat mempersunting Rara Mendut kala itu adalah sosok berkuasa. Ia merupakan panglima perang Sultan Agung dari Kerajaan Mataram. Tetapi memang Rara Mendut pada dasarnya bukanlah wanita berhati lemah. Ia dengan berani menolak niat Tumenggung Wiraguna.

Bahkan, ia tidak takut menunjukkan rasa cintanya terhadap lelaki lain. Lelaki tersebut bernama Pranacitra.

kisah roro mendut tragedi cintaTidak senangnya Tumenggung Wiraguna membuat Rara Mendut dibebani kewajiban membayar pajak terhadap Mataram. Berputarlah otak sang dara, memikirkan bagaimana caranya membayar pajak tersebut.

Sadar bahwa kecantikan alami yang dimilikinya membuat para Adam menggila, Rara Mendut menemukan cara. Ia sengaja menjual rokok yang telah dihisapnya dengan harga mahal. Tidak dinyana, rokok yang dilinting dengan jilatan lidah si gadis ternyata berakhir laris manis.

Namun sayang, pada akhirnya Rara Mendut harus mati di pelukan Pranacitra, ketika ujung keris Tumenggung Wiraguna berbicara.

Roro Mendut dan Kemandirian Kaum Hawa

Kisah Rara Mendut yang berjualan rokok bekas hisapan, bukan semata-mata tentang erotisme semata. Tetapi juga menggambarkan tentang adanya kemandirian kaum hawa pada jaman dahulu kala. Sesuatu yang jelas tidak lumrah pada masa tersebut.

Di sisi lain, kecantikan alami Rara Mendut masih menginspirasi hingga hari ini. Segala macam produk kecantikan masih saja menyandang namanya. Termasuk masker roro mendut atau lulur roro mendut yang diracik sedemikian rupa.

Roro Mendut bisa menjadi pemikat tanpa harus sengaja memikat. Bisa membuat semua lelaki menolehkan kepala dimanapun dia berada. Apa rahasianya? Bisakah kita seperti itu juga? Baca lebih lanjut di Rahasia Pengasihan Roro Mendut.

batu kecubung

Bacaan Paling Dicari: