Samber Lilin, Wujud dan Manfaatnya

Samber lilin adalah sejenis kumbang. Warnanya hijau bercampur kuning keemasan. Sayap kumbang inilah, yang dipercaya memiliki daya magis pengasihan. Termasuk untuk memikat hati dan memancarkan daya tarik serta pesona tersendiri.


Samber Lilin atau Samber Iler

samber lilinDalam Bahasa Jawa, kumbang Samber Lilin disebut juga sebagai samber iler. Semakin hari memang semakin sulit hewan ini ditemukan. Munculnya terbatas di seputaran musim penghujan, tidak jauh-jauh dari jenis pohon yang berdaun jarang. Atau yang daunnya banyak berguguran. Seperti pohon kapuk alias randu.

Samber iler disebut jewel beetle dalam bahasa asing. Seperti namanya, memang kumbang ini lebih banyak difungsikan sebagai perhiasan. Penampakan sayapnya yang berkilauan dan karakternya yang cenderung awet menjadikannya penghias busana yang eksotik.

Tetapi di dalam negeri sendiri, samber iler lebih tersohor sebagai sarana pelet pengasihan. Karena konon sayapnya yang berkilauan itu mengandung daya magis tersendiri.

Manfaat Susuk Samber Lilin

Awalnya hanya sebagai sarana pelarisan saja. Samber iler ditangkap, kemudian diambil sayapnya dan disimpan didekat tempat usaha. Tujuannya adalah agar dapat mendatangkan lebih banyak pembeli dan pelanggan.

Lama-lama hewan ini dipakai juga untuk tujuan pengasihan. Konon mereka yang memiliki samber iler akan nampak lebih rupawan di hadapan lawan jenis. Maka habislah nasib si kumbang. Makin hari makin banyak diburu untuk dijadikan media asihan.

samber lilin

Samber Lilin juga sudah lama dijadikan susuk pemikat. Penggunanya paling banyak datang dari kalangan profesional. Sales, misalnya. Biduan juga. Bahkan pekerja hiburan dan para wanita yang berkecimpung di dunia malam.

Di kalangan para artis, nama Susuk Samber Lilin jelas sudah tidak asing lagi.

Pasang Susuk Samber Lilin

Pasang susuk bisa dilakukan melalui dua cara. Yaitu secara langsung, atau jarak jauh. Tidak seperti susuk emas atau susuk berlian, pasang susuk samber lilin memang lebih gampang. Karena wujudnya bukan logam. Juga bukan permata.

Jadi tinggal dimaharkan saja dalam wujud keringnya. Disimpan di dalam dompet, atau dijadikan perhiasan.

Tetapi bagi mereka yang tidak ingin repot dan merasa risih memutilasi serangga, ada opsi kedua. Yaitu pasang susuk jarak jauh. Caranya bisa Anda baca di Pasang Susuk Samber Lilin.

susuk samber lilin

Bacaan Paling Dicari: