Katuranggan – Kenali Watak Wanita Berdasarkan Ciri Fisiknya

Katuranggan adalah satu bentuk ilmu titen. Patokan ini dipakai untuk menentukan watak atau karakter suatu makhluk, berdasarkan ciri fisik yang dimilikinya. Termasuk watak kaum hawa.


Bagi Anda yang ingin mencari istri, tidak ada salahnya menyimak tulisan berikut ini.

Mengenal Katuranggan Wanita

Masyarakat Jawa percaya bahwa mencari istri itu ada acuannya. Semacam wawasan untuk menentukan apakah perempuan tersebut bakal menjadi pendamping yang tepat. Wawasan inilah yang disebut katuranggan.

Berikut adalah sejumlah ciri-ciri fisik atau bentuk tubuh yang terkait watak seorang perempuan:

  1. Padmasari Leledhang (Bunga Seroja Bergoyang)

Wajahnya beraut membenam ke dalam. Berbentuk bulat, dengan dahi sempit. Mulutnya mungil dengan bibir tebal sensual. Alis matanya tergaris tebal, dengan kulit kuning. Payudaranya padat, berpinggul besar serta kaki sempit.

Perempuan macam ini konon akan membawa banyak keberuntungan bagi suami, serta memiliki gairah asmara yang cukup menggelora.

  1. Padma Nagara (Seroja Kota)

Wanita tipe ini bertubuh kekar dengan kulit kemerahan. Rambutnya hitam panjang, matanya membelalak dan mulutnya cenderung lebar. Wajah berbentuk bulat telur dan berdahi sempit.

Perempuan yang demikian konon gemar memagut asmara, bahkan hebat di atas ranjang. Budi pekertinya juga bagus dan peka rasa.

  1. Lintang Karahinan (Bintang Kesiangan)

Matanya bersorot sayu, hampir mirip orang mengantuk. Kulitnya kehitaman ibarat buah manggis. Rambutnya hitam berombak, tetapi tidak lebat. Bibir bawahnya tebal, dahi sempit dan mulut agak lebar. Perawakannya agak pendek kecil.

Perempuan Lintang Karahinan cenderung kurang menawan, serta tidak dapat memberikan kesenangan yang maksimal bagi suami.

  1. Sri Tumurun (Dewi Sri Turun)

Badannya tinggi semampai dengan kulit menguning. Bergigi jarang, berambut panjang kasar. Ukuran payudaranya kecil, berwajah oval. Jarinya lentik dan kulitnya berurat kehijauan. Bibirnya berkilau, matanya indah menawan dengan alis panjang dan bulu mata melengkung.

Perempuan seperti ini biasanya pandai mengurus uang. Cerdas, serta selalu memuaskan.

  1. Sesotyo Rekta Ing Embanan (Permata Merah Dalam Ikatan)

Berkulit kuning dengan tubuh tinggi semampai. Rambutnya sedang, payudaranya tidak besar. Kakinya cenderung berisi dan mengecil ke bawah. Senyumnya riang, penampakannya tenang dan anggun dengan mata yang nampak setengah tidur.

Si permata merah konon berwatak bagus, tidak mau merugikan orang lain. Apalagi suami sendiri. Selalu mendoakan dan mengupayakan keselamatan, ketenteraman dan kebahagiaan hidup bersama.

  1. Lintang Kewuryan (Bintang Nampak Muncul)

Merupakan tipe wanita yang pengertian, dengan tutur kata memukau. Daya ingatnya kuat dan tidak suka mengobrol. Ia hidup hemat, menomorsatukan kewajibannya sebagai wanita dan menjunjung derajat suami.

Cirinya adalah mata setengah tertutup dan alis melengkung. Pinggangnya melengkung bak seekor lebah, atau yang oleh masyarakat Jawa disebut pinggang nawon kemit. Bila lubang hidungnya lebar, maka wataknya kaku dengan gairah bercumbu yang biasa saja.

  1. Durga Rangsang (Durga Menyerang)

Tubuhnya pendek dan kecil. Cenderung agak bulat bila dilihat. Kulitnya kuning, rambut halus lemas dan buah dadanya besar. Tatapannya cenderung melirik.

Perempuan yang demikian cenderung lebih dominan. Ia kerap menindas pria dan gairah seksualnya tidak gampang terpuaskan.

  1. Pendaringan Kebak (Wadah Beras Penuh)

Tubuhnya kecil, pendek, dengan kulit putih. Sinom rambutnya melingkar di dahi. Bibirnya tipis dan indah. Matanya seperti lentera tertiup angin.

Wanita seperti ini dipercaya berwatak utama. Punya ketetapan hati yang bagus, tangguh dan cerdas berpikir. Sikapnya teguh, serta membawa banyak rezeki bagi suaminya. Mereka juga cenderung berani menghadapi hidup serta pandai menyimpan rahasia.

Itulah beberapa tipe wanita menurut wawasan katuranggan. Bagaimana, sudah menemukan tipe idaman Anda?

bulu perindu sukma

Bacaan Paling Dicari: