Investasi Properti

Pertanyaan dari Ibu Melany, 35 th, Jakarta:

Dear Bu Dewi,

Saya dengar bisnis properti untuk tahun Kuda Kayu sangat baik. Yang menjadi pertanyaan saya, bila ingin berinvestasi dalam bentuk rumah atau bangunan, baiknya menghadap ke arah mana? Jika dibandingkan antara rumah tinggal, gedung perkantoran dan apartemen, mana yang lebih menjanjikan?

Mohon sarannya. Terima kasih.

Dewi Sundari:

Salam Bu Melany,

Baik rumah tinggal, gedung maupun apartemen, alangkah baiknya bila menghadap ke arah jalan. Sekiranya dibeli untuk tujuan investasi, perhatikan terlebih dahulu lokasi atau kawasan tempat bangunan tersebut berada. Bila daerahnya berkembang, maka tidak ada salahnya dijadikan investasi. Tetapi bila daerahnya sepi, rawan atau bahkan sering terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di daerah tersebut, maka sebaiknya jangan memaksakan diri.

Antara rumah tinggal, gedung perkantoran dan apartemen sama-sama menjanjikan. Tergantung bagaimana Anda mendayagunakan properti tersebut. Jika lokasinya sangat strategis, bangunan ruko jelas lebih menguntungkan karena bisa Anda gunakan sebagai lokasi usaha. Sebaliknya, memilih rumah tinggal di daerah yang sangat ramai tentu mengurangi kenyamanan penghuninya.

Semoga bermanfaat.

batu kecubung