Dewi Lanjar, Ratu Pesugihan Laut Utara

Siapakah Dewi Lanjar?

dewi lanjarDewi Lanjar atau Ratu Laut Utara adalah sosok legenda penguasa laut utara Pulau Jawa, yang dalam perjalannya lebih dikenal sebagai Ratu Pesugihan. Masyarakat Pekalongan secara tradisional mengenal sang ratu dengan nama Dewi Lanjar. Adapun istilah Lanjar sendiri merupakan sebutan bagi seorang wanita yang telah bercerai dari suaminya dalam usia sangat muda dan ditinggalkan tanpa anak.

Konon, letak keraton Dewi Lanjar terletak di Pantai Pekalongan, sebelah Sungai Slamaran. Dari sanalah banyak orang berupaya untuk memasuki dunia gaib Dewi Lanjar dengan berbagai tujuan.

Asal Usul Dewi Lanjar

Nama asli Dewi Lanjar adalah Dewi Rara Kuning, seorang putri cantik yang dulu tinggal di daerah Pekalongan. Karena telah menjanda di usia sangat muda setelah sang suami meninggal dunia, maka Dewi Rara Kuning lebih dikenal dengan sebutan Dewi Lanjar. Demi menghindari duka yang berkepanjangan, Dewi Lanjar memutuskan untuk meninggalkan kampung halamannya.

Dalam perjalanannya, Dewi Lanjar bertemu dengan Panembahan Senopati yang tengah bertapa di atas aliran sungai. Oleh Panembahan Senopati, Dewi Lanjar disarankan agar bertapa di pantai selatan sembari menghadap Ratu Kidul. Dari ketekunannya bertirakat, Dewi Lanjar akhirnya berhasil moksa dan bertemu langsung dengan Ratu Pantai Selatan.

Setelah diangkat sebagai pengikut oleh Kanjeng Ratu Kidul, Dewi Lanjar diutus untuk mencegah niat Raden Bahu yang berniat membuka Hutan Gambiren (dekat Pekalongan, Desa Sorogenen). Namun cegahan Dewi Lanjar ternyata tidak berhasil.

Karena ketidakberhasilan inilah, Dewi Lanjar memutuskan untuk tidak kembali ke Pantai Selatan. Beliau memutuskan untuk tinggal di Pekalongan, atas seizin Kanjeng Ratu Kidul sebagai penguasa Pantai Utara Jawa. Dewi Lanjar inilah yang kemudian banyak diharapkan oleh para pemburu pesugihan.

jimat keris semar

Bacaan Paling Dicari: