Bunga Kenanga, Benarkah Bisa Menangkal Sihir?

Bunga kenanga cukup mudah ditemukan. Konon, bunga yang memiliki banyak manfaat ini dapat menangkal pengaruh santet maupun sihir.


Mengenal Manfaat Bunga Kenanga

Kenanga memiliki ciri khas berupa bentuk bunganya yang menggantung. Aromanya harum dan segar, dengan warna bunga kuning cerah kehijauan. Jenisnya sendiri ada dua, yaitu kenanga lokal asli Nusantara dan kenanga yang berasal dari Filipina.

Bedanya, pohon kenanga lokal dapat tumbuh hingga lima meter. Sedangkan kenanga asal Filipina lebih mirip tanaman semak berpohon rendah. Keduanya sama-sama manis sebagai penghias taman, misalnya dengan ditanam dalam pot atau ditempatkan di sudut teras.

Kenanga tergolong tanaman yang gampang dirawat. Asal cukup sinar matahari, aliran udara dan pupuk, maka ia dapat tumbuh subur. Sesekali cabangnya perlu dipangkasi untuk merangsang pembungaan. Sedangkan cara tanamnya sendiri dapat dilakukan lewat metode cangkok atau stek batang.

Ada banyak nama untuk menyebut kenanga. Tiap daerah punya julukannya sendiri-sendiri, termasuk wangsa, kananga, sadat wangsa, sapalin dan kananga wangi. Namun masih banyak yang belum mengetahui bahwa kenanga memiliki beragam manfaat. Lebih dari sekedar penghias yang berbau khas.

Mitos Bunga Kenanga

Dalam kebudayaan Jawa, kenanga dianggap berkhasiat menangkal pengaruh ilmu hitam. Termasuk sihir dan guna-guna. Ada juga yang meyakini bahwa keberadaan tanaman ini di taman rumah akan menjadikan enteng jodoh bagi penghuni kediaman.

Sedangkan dalam upacara-upacara adat, kenanga dimanfaatkan sebagai perlengkapan alias ubarampe. Misalnya untuk menghias ruangan dalam acara pernikahan, bersama dengan bunga melati. Minyak kenanga juga lumrah dimanfaatkan sebagai pewangi tubuh dan rambut.

Dari kacamata kesehatan, kenanga berkhasiat sebagai obat malaria, asma, dan bronkitis. Juga dapat dimanfaatkan sebagai jamu setelah melahirkan, dengan cara dikeringkan dan diseduh.

Kenanga bermahkota enam lembar, dengan bentuk lanset yang ketika muda berwarna hijau dan menguning setelah tua. Orang yang menyukai bunga kenanga cenderung penyayang, menyenangkan dan selalu gembira. Karena kecenderungan menyukai warna hijau menunjukkan bahwa ia memiliki pembawaan yang simpatik dan toleran. Mereka juga umumnya bersikap komunikatif dan senang menolong.

Dewasa ini, manfaat kenanga semakin luas. Termasuk sebagai minyak aromaterapi, anti depresan, antiseptik, pemicu gairah, serta menstabilkan tekanan darah dan denyut jantung. Praktisi yoga dan meditasi bahkan meyakini bahwa aroma minyak kenanga dapat memperkuat cakra sakral yang berada di dasar perut.

Minyak kenanga juga dipakai untuk membantu masalah kesuburan dan impotensi, yaitu dengan cara dipijatkan ringan-ringan dan teratur. Aroma wanginya juga memicu kreatifitas, kepercayaan diri dan daya tarik dan sifatnya mistik. Meski perlu dicatat, bahwa bila berlebihan dipakai, aromanya bisa menjadikan kepala pusing.

Bacaan Paling Dicari: