4 Makna Tafsir Mimpi

Tafsir mimpi telah ada sejak berabad-abad silam. Leluhur dan nenek moyang orang Jawa mewariskan ramalan mimpi ini dari generasi ke generasi, sebagai bagian dari kekayaan spiritual yang patut dilestarikan.


Apa Saja Makna Tafsir Mimpi?

Makna tafsir mimpi tercatat ada empat, yaitu:

  1. Memiliki makna yang sesuai. Misalnya, mimpi melihat nyala api. Artinya akan diliputi kemarahan, sebab sifat api sesuai dengan makna amarah. Makna mimpi yang demikian biasanya dialami mereka yang sedang sakit.
  2. Memiliki makna sebagai petunjuk. Misalnya, mimpi buang air besar. Ini merupakan petunjuk bahwa orang tersebut akan kehilangan sesuatu. Mimpi bermakna seperti ini biasanya dialami oleh orang yang lelah.
  3. Memiliki makna berkebalikan. Misalnya, mimpi terkena musibah. Artinya justru akan mendapat anugerah atau kebahagiaan. Makna seperti ini dialami oleh orang yang sehat, tidak kelelahan dan tidak sedang dirundung kesedihan.
  4. Memiliki makna isyarat. Misalnya, mimpi rumahnya roboh, lalu salah satu anggota keluarganya meninggal. Robohnya rumah tersebut merupakan isyarat, bahwa sesuatu yang berharga dalam hidupnya akan hilang. Mana mimpi jenis ini biasanya dialami oleh mereka yang sedang berlaku prihatin (bertirakat).

Selain berdasarkan maknanya, arti mimpi juga dapat dibedakan menjadi empat berdasarkan penafsirannya. Yaitu kawarsita, kacakrabawa, kadaradasih dan kadarsana.

  1. Kawarsita adalah mimpinya orang yang mendapatkan wangsit dan dapat diuji kebenarannya. Misalnya, ada orang yang sedang menunggui orang sakit. Lalu ia bermimpi bahwa si sakit minta diobati dengan sesuatu. Bila isyarat mimpi ini dilaksanakan, niscaya sembuhlah si pesakitan tersebut.
  2. Kacakrabawa merupakan mimpi yang berasal dari ucapan sebelum tidur.
  3. Kadaradasih adalah mimpi yang muncul karena angan-angan. Mimpi melihat permata yang bersinar, misalnya. Mimpi ini terjadi karena orang yang bersangkutan membayangkan permata yang bersinar ketika ia terjaga.
  4. Sedangkan kadarsana adalah mimpi yang ditiru. Misalnya, seseorang sempat melihat ular sebelum tidur. Lalu dalam tidurnya itu ia bermimpi melihat ular naga yang sangat besar.

Keempat jenis  mimpi ini tidak dapat diartikan apa adanya. Melainkan harus dilihat dulu sebab musabab yang terjadi sebelum mimpi tersebut muncul.

batu giok pengasihan

Bacaan Paling Dicari: